Friday, October 15, 2021

Info Lomba | Lomba Video Baca Cerpen Tingkat Nasional (Deadline 25 Nov 2021)

 



Lomba Video Baca Cerpen Tingkat Nasional


Penyelenggara: LiteraCafe 


Didukung: risalahmisteri.com, Persatuan Penulis Indonesia, Fiksiana Community, Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD), Lentera Hati


Kemajuan teknologi era 4.0 ternyata tidak memberi dampak signifikan terhadap perkembangan dunia sastra, khususnya cerita pendek (cerpen). 


Menjamurnya platform untuk menerbitkan karya secara mandiri (self publishing) bukan jawaban yang tepat karena berdampak pada ketiadaaan standar, utamanya yang menyangkut kualitas.  


Sastra sebagai bagian dari literasi masih terperangkap dalam dunia yang sepi.


Meski bukan hal baru, risalahmisteri.com sedang mencoba melakukan transformasi digital terhadap karya sastra dalam bentuk video pembacaan cerpen. Harapannya bisa menjangkau audiens yang lebih luas, lintas generasi.


Oleh karenanya kami mengundang kalian yang gemar membaca cerpen secara ekspresif, memiliki suara yang bagus, dan pandai membuat ilustrasi sehingga visualisasi cerpen yang dihasilkan dapat menjadi sebuah alternatif pengenalan karya tulis yang menghibur tanpa kehilangan pesan yang disampaikan, untuk mengikuti Lomba Video Baca Cerita Pendek Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh LiteraCafe .   


LiteraCafe adalah channel YouTube dari risalahmisteri.com  LiteraCafe dikhususkan untuk mengunggah video-video baca cerpen.  


Penilaian diutamakan pada cara membaca, intonasi, penghayatan/ekspresi dan kualitas video. Penggunaan musik sebagai latar dan gambar/video visualisasi cerita disarankan namun dilarang keras menggunakan musik/gambar/video atau fitur lain yang memiliki hak cipta.


Apabila diketahui menggunakan fitur penunjang yang mengandung hak cipta, karya tersebut otomatis gugur (didiskualifikasi).


Gunakan selalu musik gratis yang disediakan oleh YouTube dan video/gambar ilustrasi dari karya sendiri. Meski mungkin kurang mendukung isi cerita, namun hal itu sangat kami hargai


Syarat dan Ketentuan


Lomba terbuka untuk umum.


Peserta tidak dipungut biaya (gratis).


Genre karya tulis bebas, namun diutamakan misteri/horor


Durasi video maksimal 12 menit (tidak termasuk bumper dari penitia).


Peserta adalah perorangan maupun kelompok (jumlah anggota kelompok bebas). 


Setiap peserta hanya diperbolehkan mengikutkan maksimal 3 (tiga) video.


Cerpen yang dibaca merupakan karya sendiri atau anggota kelompok. Apabila merupakan karya saduran, sebutkan sumber asli karya tersebut.


Jika membacakan karya orang lain maka wajib mendapat ijin terlebih dahulu dari penulisnya. Klausa ini sekaligus disclaimer Risalah Misteri dan LiteraCefe tidak bertanggungjawab terhadap klaim yang timbul di kemudian hari.


Panitia menyediakan karya tulis untuk dibaca dalam lomba ini yang terdapat di risalahmisteri.com dengan ketentuan karya tersebut belum pernah dibaca dan diunggah di channel LiteraCafe maupun Risalah Misteri. Cerpen dipilih khusus dari genre Fiksi Remaja, Urban Legend, Cerita Misteri dan Catatan Kelam.



Seluruh karya lomba dikirim melalui email yonbwahyono@gmail.com mulai tanggal 20 Oktober – 25 November 2021


Pemenang diumumkan tanggal 2 Desember 2021.


Peserta wajib membagikan flyer dan pengumuman ini di akun media sosialnya dengan mode publik.




Hadiah


Juara I Rp   1.000.000

Juara II Rp    750.000

Juara III Rp   500.000


Tiga video Pilihan mendapat hadiah masing-masing sebesar Rp 150.000


Karya yang mendapat view tertinggi (minimal 1.000 views) sampai dengan tanggal 25 November 2021 berhak mendapat hadiah sebesar Rp 250.000


Mulailah dengan cara yang paling sederhana untuk menunjukkan pada dunia bahwa kita ada.


Selamat berkarya.

(Pertanyaan terkait bisa di email : yonbwahyono@gmail.com )



(Sumber: WA Kiki MD dari Malang)