Senin, 22 November 2021

Berita | Rumah Moderasi Beragama UIN SMH Banten buka Pelatihan Penguatan Moderasi Beragama untuk Guru Lintas Agama



NGEWIYAK.com, KOTA SERANG -- Rumah Moderasi Beragama (RMB) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI selenggarakan Pelatihan Penguatan Moderasi Beragama (PMB) bagi Guru Pendidikan pada sekolah Lintas Agama, resmi di buka di Serang, Aula Inayah PKP-RI pada Senin (22/11/21).


Ketua pelaksana Jamaludin melaporkan Pelatihan Moderasi Beragama berlangsung selama tujuh hari dimulai dari tanggal 22--27 November dan ada 30 Peserta PMB dari instansi/sekolah lintas Agama.


Selain itu Jamal berharap kepada peserta untuk lebih fokus dalam kegiatan ini agar bisa di terapkan setelah mendapatkan materi yang bakal disampaikan oleh pemantik yang berkualitas di bidangnya nanti. 


"Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang moderasi beragama Guru untuk ditularkan kepada siswanya," ucap Ketua Pelaksana.


Rektor UIN Banten, Wawan Wahyudin, membuka acara sekaligus memberi sambutan kepada peserta PMB. Pelatihan ini sangat penting untuk dilancarkan, apalagi kalau pesertanya bukan hanya guru melainkan juga untuk tokoh-tokoh ormas. 



"Saya harap pelatihan ini bukan untuk guru saja, melainkan juga untuk para tokoh Ormas yang paling garda terdepan untuk para RW dan para aktivis organisasi ekstra,” ucapnya.


Selain itu, Wawan memberi tujuh pesan moderasi yang harus disematkan oleh peserta PMB.


"Tujuh pemikiran dan gerakan yang harus diantisipasi dalam Rumah Moderasi Beragama, yakni Ekstrimisme, Mayoritanisme, Eksklusivisme, Kekerasan atas nama agama, Intoleransi, dan Absolutisme Anti NKRI," imbuhnya.





(Redaksi/Opik)