Sunday, May 21, 2023

Lapak Buku | "Sebilah Lidah" Karya Chris Triwarseno

 


Judul: Sebilah Lidah

Penulis: Chris Triwarseno 

Penerbit: Surya Pustaka Ilmu Grup

Tahun Terbit: Mei 2023

Ukuran: 14 x 20,5 cm

Tebal: xx + 162 hlm.

ISBN: 978-623-5405-38-4

Harga: Rp80.000,00



Sajak-sajak Chris menggarap dan menjelajahi tema-tema yang amat beragam. Ia tampaknya tak berhenti menggelisahkan dan merenungkan banyak hal. Dari permenungan yang mempertanyakan eksistensi manusia di dunia hingga kesan-kesan puitiknya yang ia petik dalam perjalanan ke berbagai tempat. Ia juga menanggapi fenomena sosial masyarakat. Alusi dan metaforanya membentang dari mitologi dunia, kitab suci, hingga cerita wayang. 


Saya menikmati gelegak energi Chris dalam menyair. Salut pada ketekunan dan kecermatannya dalam menghimpun bahan-bahan permenungan untuk disajakkan. Ia didukung oleh banyak hal yang ada dalam dirinya, salah satunya adalah keluasan wawasan intelektual yang terlihat jelas dan menjadi kekuatan tematik dalam puisi-puisinya. Dan tentu saja saya bahagia karena setelah membaca sajak-sajaknya saya percaya bahwa dia sesungguhnya sedang daam perjalanan yang menyenangkan, menapak ke puncak sajaknya sendiri.  


Judul sajak "Sebilah Lidah" yang dijadikan judul buku ini menunjukkan kepekaan Chris pada diksi, bunyi, dan citraan. Ia merangkum alusi "lidah lebih tajam daripada pedang", dengan menciptakan frasa itu. Kata "sebilah" berasosiasi dengan pisau atau pedang. Ketika kata itu dipadukan dengan "lidah" maka yang terlintas adalah "lidah yang tajam", lidah yang metaforik.


(Hasan Aspahani, Penyair, Jurnalis, dan Penulis)


BELI BUKU