Kamis, 02 September 2021

Berita | Peserta Pelatihan Jurnalistik Serbu Kafe Mang Jaseng



NGEWIYAK.com, KOTA SERANG - Kafe Mang Jaseng adakan pelatihan menulis berita dengan tema "Pelatihan Menulis Berita Paling Mudah" pada Rabu (1/9). Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar SMA, guru, mahasiswa, dan wartawan. Acara pelatihan ini berlangsung di Jalan Jayadiningrat, No.26, Kaujon, Kota Serang.


Di awal acara, Maulana Wahid Fauzi, selaku pemateri, menyampaikan bahwa semua orang punya berita dan sudah menyampaikan berita itu dalam kehidupan, tapi mereka tidak menuliskannya.


"Di zaman serba sulit ini ternyata banyak orang bisa berbagi. Mereka menginspirasi saya, tapi kebetulan saya sedang tidak bisa berbagi materi. Lagi bisanya bagi-bagi ilmu, siapa tahu bermanfaat," ujarnya kepada peserta.


Ini merupakan salah satu alasan mengapa pemilik Kafe Mang Jaseng mengadakan pelatihan menulis berita untuk umum.


Kegiatan pelatihan menulis berita ini merupakan tahap kedua. Sebelumnya, telah sukses pertemuan perdana, pada 26 Agustus 2021. Pelatihan menulis ini berlangsung dari pukul 10.00--12.00.


Di tengah asyiknya menyampaikan materi, Fauzi menyelipkan guyonan. 


"Mungkin baru kali ini ada pelatihan menulis berita di kafe, bahkan yang memberi materi pun yang punya kafe," ujar jurnalis senior di Banten itu.


Fauzi tidak hanya memberikan pelatihan menulis berita saja, tetapi juga ada pelatihan belajar dasar menggambar kartun, akting film, pelatihan menulis dan membaca puisi.


Di akhir acara, sang pemilik kafe berbagi pengalaman proses kreatif sewaktu muda. Banyak hal yang membuat peserta terkesan.


"Saya sangat senang ikut pelatihan ini. Mungkin di sekolah saya tidak akan dapat ilmu semacam ini. Ditambah lagi kegiatannya di kafe, sangat mengasyikkan," ujar Ilham salah satu peserta dari SMAN 1 Petir.


(Lukman)