Rabu, 17 Agustus 2022

Peringati HUT RI ke-77, Desa Kubang Puji Gelar Parade Karnaval Nelayan

 


NGEWIYAK, SERANG -- Menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77 dengan tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", warga Desa Kubang Puji, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Banten menandainya dengan mengadakan event besar yang sudah lama hilang, yaitu Karnaval Nelayan. Acara ini diselenggarakan dengan iring-iringan perahu nelayan yang dihias indah dengan bertemakan "Kemerdekaan" di sepanjang sungai sampai ke muara laut pada Rabu (17/8).


Karnaval Nelayan ini mengusung tema memanfaatkan potensi sumber daya alam lokal untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul demi Indonesia yang lebih maju. Tentunya dengan semangat nasionalisme dari warga Desa Kubang Puji yang mengedepankan kemandirian, kreativitas, dan sportivitas.


Dalam sambutannya, Kepala Desa Kubang Puji, Juju Setiyadi menegaskan kepada para Nelayan Desa Kubang Puji agar lebih diperhatikan lagi oleh Dinas terkait.


"Kita inginkan nanti Karnaval ini diagendakan rutin setiap tahunnya walaupun ini baru pertama kali setelah sudah lama hampir dilupakan. Animo masyarakat terlihat dari para peserta sendiri yang sampai menyentuh angka sekitar tiga ratusan yang hadir memeriahkan acara Karnaval Nelayan, dan kebanyakan dari warga desa sekitar," tambahnya. 


Selaku Kepala Desa, dia juga berharap ke depannya agar semua instansi terkait bisa melihat dan mendengar aspirasi para nelayan yang ada di Desa Kubang Puji.


"Semoga dengan diadakannya kembali acara ini, para jajaran kementerian maupun instansi terkait, bisa terketuk hatinya dan mau lebih memperhatikan para nelayan tradisional yang ada di Desa Kubang Puji dan sekitarnya," tutupnya dalam sesi wawancara dengan awak media yang meliput.


Di lokasi acara, Camat Pontang, Samsuri juga hadir dan sangat mendukung kegiatan Parade Karnaval Nelayan yang diadakan di Desa Kubang Puji. Menurutnya walaupun ini baru pertama kali diadakan kembali, dia berharap tahun depan acaranya lebih ramai dan meriah lagi.


"Ini potensi Desa Wisata, agar Desa Kubang Puji semakin lebih maju karena saya lihat warganya sangat antusias mengikuti Karnaval ini. Awalnya dikabarkan hanya dihadiri seratus peserta. Akan tetapi, yang datang dan mengikuti sekitar tiga ratusan. Berarti masyarakat sangat antusias. Di desa ini murni mayoritas masyarakatnya adalah nelayan maka dari itu pemerintah daerah perlu mendukung adanya karnaval seperti ini," imbuh Samsuri.



Sementara itu, Disporapar Kabupaten Serang yang juga hadir sangat mengapresiasi kepada Kepala Desa Kubang Puji serta masyarakat yang sudah antusias mengikuti event Karnaval Perahu Nelayan. Menurutnya, meski ini tahun yang pertama, tapi dia melihat antusias yang luar biasa dari para warga dan Nelayan Desa Kubang puji. 


"Saya berharap kepada Kepala Desa untuk lebih meningkatkan lagi event-nya, bukan Karnaval melainkan Festival Desa Nelayan. Saya berpesan juga untuk lebih giat lagi dalam pengelolaan Desa wisatanya," ujarnya lagi.


Disporapar mengaku di tahun pertama ini sudah mengirimkan Desa Wisata seperti Desa Cikolelet yang sudah masuk juara ke-5 tingkat Nasional.  


"Saya berharap mudah-mudahan tahun depan lebih mengarah lagi ke Kecamatan Pontang ini untuk menjadi peserta Desa Wisata. Saya berharap demikian," tutupnya.

____

Dokumentasi foto: Dani Maulana


(Redaksi)