Friday, April 7, 2023

Berita | PPM Untirta Adakan Seleksi Internal ONMIPA

 


NGEWIYAK.com, SERANG - Pusat Prestasi Mahasiswa (PPM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan seleksi internal Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA), Rabu 5 April 2023. Acara berlangsung di Gedung Pusdainfo, Lantai 2, Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Sindangsari.


Ketua Pusat Prestasi Mahasiswa Untirta Mahrawi menyampaikan seleksi bertujuan untuk menyeleksi mahasiswa yang akan menjadi delegasi pada Mei mendatang. Jika para delegasi tersebut lolos pada seleksi wilayah, maka selanjutnya akan maju ke tingkat nasional juga yang kegiatannya akan dilaksanakan pada bulan Juli 2023 mendatang.


Seleksi tersebut menurut Mahrawi, merupakan salah satu rangkaian acara yang dilakukan dalam rangka mengikuti kegiatan lomba ONMIPA. "Oleh karena proses rangkaian yang panjang, acara inipun sudah dipersiapkan dari beberapa minggu sebelumnya," ujarnya.


Pihaknya mengaku sudah melakukan persiapan dua hingga tiga minggu sebelumnya. "Ini merupakan bagian dari program kerja PPM. Jadi usai seleksi ini akan ada pembinaan saat sebelum lebaran dan saat setelah lebaran secara online/offline tergantung pembina. Pembinanya dari dosen jurusan Matematika, Kimia, Fiska, Biologi,” ucap Mahrawi.


Acara sempat mengalami perubahan jadwal karena banyaknya jumlah peserta yang mengikuti tes seleksi. Hal ini juga disebabkan karena perubahan jalur tes yang dilaksanakan yang semula secara daring, menjadi dilaksanakan secara offline.


Dengan kegiatan lomba yang memiliki seleksi cukup ketat ini, para peserta memiliki caranya masing-masing dalam persiapannya sebelum mengikuti tes seleksi ini, seperti yang dilakukan oleh Wila Susantri Ritonga, mahasiswi yang menjadi peserta pada seleksi ONMIPA.


Wila lebih memilih untuk mempelajari materi untuk tes ini melalui mathclub yang berada di jurusannya. “Untuk persiapannya di jurusan saya sendiri ada mathclub, di mathclub ini bisa belajar bareng buat diskusi terkait ONMIPA ini,” tuturnya.


Sedangkan Kirana Assyifa Saputri, mahasiswi yang juga menjadi salah satu peserta dari seleksi ONMIPA ini lebih memilih untuk mempelajarinya melalui internet seperti YouTube, Google untuk melihat soal – soal tahun sebelumnya.


Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni, Dr. Suherna berharap agar ajang ini bisa dijadikan pilihan mahasiswa untuk meraih prestasi. “Mudah-mudahan ini dijadikan pilihan utama mahasiswa untuk berprestasi” tuturnya. 


(Redaksi)