Wednesday, June 28, 2023

Berita | PCM Pontang Laksanakan Iduladha Sesuai Keputusan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah

 


NGEWIYAK.com, KAB. SERANG -- Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pontang merayakan Iduladha 1444 H yang bertepatan pada hari Rabu, 28 Juni 2023. Pelaksanaan Salat Iduladha dipusatkan di halaman Masjid Darul Arqom, Desa Singarajan, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang. Bertindak sebagai Imam, yaitu Ustaz Nur Fajar Shadiq (Mahasiswa King Kholid University, Saudi Arabia) dan Khatib, yakni Farhan Sabat (Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Serang). Salat id ini dihadiri lebih dari seribu jamaah yang tersebar dari beberapa desa di Kecamatan Pontang.


Drs. Abu Bakar Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pontang menyampaikan  bahwa pelaksanaan Iduladha 1444 H dilaksanakan sesuai keputusan dari Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.


Farhan Sabat dalam khutbahnya menyampaikan bahwa Iduladha merupakan manifestasi dari kisah Nabi Ibrahim as. yang diperintah oleh Allah Swt. untuk menyembelih putranya yaitu Nabi Ismail as. Dari kisah tersebut kita bisa memetik 7 nilai dalam kehidupan antara lain


1. Pendidikan dalam keluarga

2. Musyawarah

3. Sabar

4. Tawakal

5. Cinta

6. Ikhlas

7. Khauf dan raja'



Selesai salat id dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Data hewan yang terkumpul, yakni sapi 11 ekor, kerbau 1 ekor, dan kambing 18 ekor.  Jumlah sohibul kurban (mudhohi) sebanyak 102 orang.


Hilman, Ketua Panitia Kurban, menyampaikan hewan kurban yang terkumpul di panitia akan diolah dan dibagikan ke lebih dari 2.000 masyarakat di lingkungan Masjid Darul Arqom, Desa Singarajan, Kecamatan Pontang.


(Redaksi)