Friday, April 12, 2024

Puisi-Puisi Sulaiman Djaya

Puisi Sulaiman Djaya



Kepada Para Penyair 


Betapa gila mereka

Yang menulis puisi

Di zaman ini


Sedikit yang membaca

Kecuali sesama mereka. 

Meratapi nasib sendiri


Dengan dalih estetika

Kemarahan tersamar

Beralibi kesenian. 


Betapa tidak masuk akal

Mereka yang bersikeras

Membela metafora


Yang tak dimengerti

Para penggemar aplikasi

Abad mesin ini.


(2023)



Sitar


Aku suka November yang lahir dari bilangan jidat rambutmu: musim yang meriah, girang cuaca dan hati yang bernyanyi karena rindu. Aku suka caramu menyebut namaku, derai tawamu umpama hidup yang tak bisa dihitung.


Bila saja tak ada puisi, niscaya sepi jadi belati menikam diri. Dan kau, perempuan yang dijumpai mataku, adalah nafas nafas tahun usiaku. Betapa selalu menyenangkan setiap kali suaramu menggema dari sajak sajak yang kau baca di punggung malam.


(2022)


________


Penulis


Sulaiman Djaya lahir di Serang, Banten. Menulis esai dan fiksi. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Koran Tempo, Majalah Sastra Horison, Indo Pos, Media Indonesia, Majalah TRUST, Majalah AND, Majalah Sastra Pusat, Jurnal Sajak, Tabloid Kaibon, Radar Banten, Kabar Banten, Banten Raya, Tangsel Pos, Majalah Banten Muda, Tabloid Cikal, Tabloid Ruang Rekonstruksi, Harian Siantar, Change Magazine, Banten Pos, dan lain-lain. Buku puisi tunggalnya Mazmur Musim Sunyi diterbitkan oleh Kubah Budaya pada tahun 2013. Esai dan puisinya tergabung dalam beberapa antologi, yakni Memasak Nasi Goreng Tanpa Nasi (Antologi Esai Pemenang Sayembara Kritik Sastra DKJ 2013), antologi puisi Indonesia-Malaysia, Berjalan ke Utara (Antologi Puisi Mengenang Wan Anwar), Tuah Tara No Ate (Antologi Cerpen dan Puisi Temu Sastra IV di Ternate, Maluku Utara Tahun 2011), Sauk Seloko (Bunga Rampai Puisi Pertemuan Penyair Nusantara VI di Jambi Tahun 2012)), Kota, Kata, Kita: 44 Karya Para Pemenang Lomba Cipta Cerpen dan Puisi 2019, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan Yayasan Hari Puisi, dan lain-lain.


Kirim naskah ke

redaksingewiyak@gmail.com