Tuesday, May 21, 2024

Berita | Siswa SMPN 25 Kota Serang Sambut Pekan Literasi Sekolah

 


NGEWIYAK.com, KOTA SERANG -- Para siswa SMPN 25 Kota Serang sudah siap menunggu pemateri di aula sekolah. Selasa pagi (21/5) adalah hari pertama agenda "Workshop Pekan Literasi Sekolah" di SMP Negeri 25 Kota Serang, Sawah Luhur, Kasemen. Kegiatan ini bertema "Bangkitkan Literasi untuk Negeri". 


Sebagian besar peserta yang hadir pada hari pertama adalah perempuan. Mereka dari kelas VIII. Para siswa antusias mendengarkan pemaparan dari narasumber, Encep Abdullah. Pemateri menyampaikan materi tentang puisi yang bertajuk "Menulis dan Menyanyikan Puisi dengan Bahagia".


Kang Encep, panggilannya, menarik perhatian para siswa dengan cara unik, yakni menyanyikan semua contoh puisi yang ditampilkan kepada siswa. 


"Dengan begini, pembelajaran puisi akan menyenangkan. Puisi dan musik bila disatukan bisa memberi angin segar dan memanjakan telinga dan perasaan," ujar Pendiri dan Pegiat Literasi di Komunitas Menulis Pontang-Tirtayasa (#Komentar) itu.


Kang Encep memberikan contoh banyak puisi yang sudah dimusikalisasikan, di antaranya puisi "Aku Ingin" karya Sapardi Djoko Damono, juga puisi yang sedang viral "Kepada Noor" karya M. Syarif Hidayatullah yang dipopulerkan oleh Panji Sakti. Sebagian peserta terhipnotis belajar puisi sambil bernyanyi.


Menurut Rohmatulloh, M.Pd. selaku Kurikulum SMP 25 Kota Serang, kegiatan workshop ini sangat penting untuk siswa, terutama untuk menarik minat baca dan tulis mereka. 


"Kebetulan sekolah ada agenda kosong. Jadi kita rayakan saja dengan pekan literasi ini," ujar Rohmat.


Rohmat juga menambahkan bahwa sebenarnya kegiatan ini diagendakan tiga hari bersama para pegiat literasi Serang. Hari pertama bersama Rahmat Heldy yang sasarannya para guru terkait literasi. Hari kedua bersama Encep Abdullah yang sasarannya para siswa dengan materi puisi. Hari ketiga bersama Duta Baca Kota Serang tentang minat baca siswa. Rahmat Heldy ada agenda lain sehingga tidak bisa mengisi acara. Kegiatan ini diagendakan hanya dua hari dan terfokus kepada siswa.


Dalam kegiatan ini, narasumber Encep Abdullah juga ditemani rekan kerjanya yang mengantar ke TKP, Rofif Syuja' Mu'tasyim, S.S., juga ditemani guru muda, M. Aris Mulya Firmansyah, S.Pd. sebagai moderator, dan didampingi guru Bahasa Indonesia, Dede Irpan Nawawi, S.Pd.


Ketua pelaksana kegiatan, Fanny Handayani, S.Pd., mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang sudah berkenan hadir dalam acara tersebut.


"Jangan kapok ya, Kang Encep," ujar Fanny.



(Redaksi)