Selasa, 15 Maret 2022

Berita | Seputar "Malam Anugerah NGEWIYAK Vol. I"



NGEWIYAK.com, SERANG-- NGEWIYAK.com bersama Komunitas Menulis Pontang-Tirtayasa (#Komentar) siap selenggarakan MALAM ANUGERAH NGEWIYAK Vol. I yang bertajuk “Yang Tertulis, yang Abadi”. Acara ini akan ditayangkan pada Sabtu, 26 Maret 2022, pukul 20.00-- 21.00 WIB.


Acara ini merupakan sebuah wadah apresiasi untuk para penulis yang karyanya (esai, puisi, dan cerpen) pernah dimuat di laman NGEWIYAK.com periode Agustus 2021—Februari 2022.  Karya-karya tersebut diserahkan kepada Arip Senjaya sebagai kurator esai, Niduparas Erlang sebagai kurator cerpen, dan Muhammad Rois Rinaldi sebagai kurator puisi. Ketiganya adalah orang-orang di luar Redaksi. 


Dari semua karya yang dimuat, kurator memilih 5 karya terpilih dan menentukan 1 karya terbaik (per kategori). Selanjutnya karya tersebut akan tergabung dalam buku ANTOLOGI KARYA PILIHAN NGEWIYAK VOL. I.  Penulis yang karyanya masuk antologi akan mendapatkan bukti terbit gratis (termasuk ongkos kirim). Untuk  1 penulis terbaik per kategori (esai, puisi, cerpen), juga mendapatkan uang penghargaan sebesar Rp500.000.


Adanya MALAM ANUGERAH NGEWIYAK ini merupakan bentuk apresiasi Redaksi kepada para penulis. Dengan kata lain sebagai pengganti honorarium pemuatan karya, yang tentu saja untuk mendapatkan uang ini prosesnya perlu beradu karya dengan penulis lain, mana karya yang bisa menarik perhatian kurator (untuk menjaga profesionalitas kurator, Redaksi menyerahkan karya para penulis tersebut tanpa disertai nama penulis). Adapun karya-karya yang dimuat Maret 2022 dst. akan masuk kurasi pada periode berikutnya (Vol. II).


Pada pelaksanaannya nanti, para penulis yang karyanya terpilih akan diumumkan dalam acara puncak MALAM ANUGERAH NGEWIYAK VOL. I yang tayang secara off air di YouTube NGEWIYAK TV. Video pengumuman akan tayang publik pukul 20.00 WIB dan akan diprivasi kembali pukul 21.00 WIB. Hal demikian dimaksudkan agar para penulis menyaksikan acara ini dengan khusyuk dan sungguh-sungguh dan diharapkan tidak men-skip video. Para kurator sendiri yang akan menyampaikan pengumuman dan menyajikan laporan pertanggungjawaban pada malam puncak tersebut.


Selain pengumuman karya terpilih dan terbaik, akan ada penampilan yang ikut memeriahkan acara MALAM ANUGERAH NGEWIYAK VOL. I, yakni Pembacaan Puisi, Teatrikal Puisi, dan Musikalisasi Puisi oleh keluarga besar Komunitas Menulis Pontang-Tirtayasa (#Komentar) dan NGEWIYAK.com.


Bagi para penulis yang karyanya sudah pernah dimuat di NGEWIYAK.com, nantikan acara ini dan pastikan nama Saudara menjadi bagian dari 5 karya terpilih atau 1 karya terbaik itu!


Bagi para penulis yang karyanya belum pernah dimuat, silakan kirim naskah Saudara ke redaksingewiyak@gmail.com.




(Redaksi)