Selasa, 31 Mei 2022

Sosok Inspiratif | Ansar Siri | Penulis di KBM App

 


Ansar Siri, karyawan swasta yang gemar menulis di waktu luang. Karya-karyanya bisa dinikmati di KBM App. Suka posting tulisan-tulisan singkat juga di Instagram (@ansar_siri).



1. Sebenarnya, apa sih yang melatarbelakangi kak Ansar untuk menjadi seorang penulis?


Awalnya aku suka membaca. Lama-lama kepikiran untuk menulis cerita sendiri. Dari dulu pengin banget bisa nerbitin buku biar bisa dikenal banyak orang. Hehehe.



2. Untuk menjadi seorang penulis, tentu saja bukan hal yang mudah. Boleh dong ceritain bagaimana perjalanan Kak Ansar bergelut di dunia menulis?


Aku mulai nulis novel sejak SMA. Waktu itu teknologi belum secanggih sekarang. Internet masih sangat terbatas. Belum ada platform kepenulisan. Aku cuma nulis cerita di kertas HVS, ditulis tangan, lalu aku jilid sendiri. Kemudian dibaca bergilir teman-teman sekelas. Bahkan dipinjem sampai ke sekolah lain. 


Sampai akhirnya, 2016 mulai kenal beberapa komunitas menulis di FB. Dari situ mulai tahu alurnya kalau mau menerbitkan buku. Aku pun belajar dari teman-teman dumay yang udah berpengalaman. Dan alhamdulillah, 2016 bisa nerbitin buku perdana. Kemudian 2017 mulai nulis di Wattpad dan platform lainnya. Masih aktif sampai sekarang, tapi fokus di KBM App.



3. Di antara puisi, cerpen, novel dan esai, mana yang lebih Kak Ansar sukai? Dan apa alasannya?


Aku lebih suka novel. Dari awal aku merasa gaya tulisanku emang lebih cocok ke novel, sih. Jadi fokus ke situ. Lagian, zaman sekarang platform berbayar udah banyak banget. Dan yang bisa diposting untuk bisa menghasilkan uang rata-rata novel.



4. Salah satu karya Kak Ansar yang pernah diterbitkan adalah Petunia yang Berguguran di Hati Senja kalau boleh tahu, itu berisi tentang apa ya Kak?


Ini tentang cewek yang memendam luka batin akibat kesalahan yang telah diperbuatnya. Cinta buta yang akhirnya membuatnya harus hidup dalam kebohongan seumur hidup.



5. Nah, saya kepoin Kak Ansar, ternyata Kak Ansar ini penulis di KBM App, boleh dong kak ceritain pengalaman seru selama menulis di KBM App?


Jujur, nulis di KBM App benar-benar tantangan besar. Karena di sana cerita yang digemari drama rumah tangga, sementara sebelumnya aku sukanya nulis teenlit. Tapi karena aku serius mau coba di sana, akhirnya belajar nulis drama rumah tangga pelan-pelan. Dari situ akhirnya bisa ketemu teman-teman dan pembaca baru. Alhamdulillah, makin banyak yang kenal aku.



6. Pesan apa yang hendak Kak Ansar sampaikan kepada dulur NGEWIYAK?


Siapa pun bisa jadi penulis, bukan cuma dari golongan tertentu. Kuncinya cuma tekun dan selalu mencoba. Dan setiap tulisan akan menemukan pembacanya masing-masing.



_____

Penyaji Pertanyaan: Anggun Tirta Rani