Rabu, 15 Juni 2022

Berita | Mengenal Teknik Penulisan Cerita Anak Bareng Tias Tatanka

 


NGEWIYAK.com, KOTA CILEGON -- Penulis Tias Tatanka memandu 40 pegiat literasi di Kota Cilegon untuk menulis cerita anak. Perempuan yang produktif menulis cerita anak ini berbagi kiat jitu menulis cerita anak. 


"Jangan malu untuk bertanya pada anak-anak tentang karya yang kita tulis. Bila anak masih belum mengerti, berarti masih ada yang kurang pada cerita kita," ujar Tias. 


Selain itu, Tias juga menekankan pentingnya riset pada cerita anak. "Riset di sini dalam arti kita mengamati tingkah laku anak-anak. Jangan sampai cerita anak dibuat dalam sudut pandang orang tua," tambah Tias.


Teknik-teknik menulis pun banyak dijabarkan oleh istri novelis Gol A Gong ini. 


"Ada premis dalam menulis cerita anak, apa yang menjadi keinginan anak, apa yang menjadi penghalang, dan bagaimana tokoh menemukan solusinya," tutur Tias. 




Peserta pun antusias dengan paparan Tias. Tak kurang beberapa pertanyaan pun meluncur dari peserta. Mulai dari teknik penulisan cerita anak hingga dunia penerbitan buku. Praktik penulisan cerita anak yang diadakan tanggal 15 Juni 2022 ini merupakan bagian kegiatan Pembinaan Komunitas Penggerak Literasi: Pemberdayaan Komunitas dalam Menulis Cerita Anak Berbahasa Daerah di Kota Cilegon yang diadakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Banten di Hotel Gondang Cilegon. 


Selain Tias Tatanka, narasumber kegiatan ini adalah Achi TM dan M. Rois Rinaldi. Para peserta diharapkan dapat menghasilkan papan cerita (story board) cerita anak berbahasa daerah.





(Redaksi)