Senin, 11 Juli 2022

Audiensi Bupati Serang dan PDM Kab. Serang Terkait Kinerja Muhammadiyah dan Persiapan Muktamar Muhammadiyah di Solo


NGEWIYAK.com, SERANG -- Senin, 11 Juli 2022, pukul 11.20 --12.30, bertempat di Aula Pendopo Kabupaten Serang, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kab. Serang beserta jajarannya audiensi dengan Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah, S.E., M.Ak. Pertemuan dan silaturahim ini terlaksana berkat bantuan dan fasilitas dari H.Febri selaku Kabag Kesra Kab. Serang yang bertindak sebagai moderator dalam pertemuan ini. 


Ketua PDM Kabupaten Serang, Mabrur AMS, memohon maaf karena mengganggu aktivitas kerja Bupati Serang. Begitu juga dengan Bupati Serang.


"Saya juga memohon maaf karena selama periode kepemimpinan PDM Serang, baru kali ini bisa bersilaturahim," ujarnya.


Selanjutnya Ketua PDM memperkenalkan diri dan jajarannya yang terdiri dari Pimpinan Harian, Organisasi Otonom Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Kab. Serang, Pemuda Muhammadiyah, dan Lazismu Kab.Serang. Rombongan yang hadir berjumlah sepuluh orang. 


Ketua PDM memaparkan sekilas profil tentang Muhammadiyah dan kiprahnya di masyarakat dari tingkat pusat hingga daerah khususnya di Kab.Serang. 


"Muhammadiyah sebagai persyarikatan sejak berdirinya sudah memiliki rekam jejak dakwah sosial keagamaan yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, dan dakwah agama Islam. Muhammadiyah juga memiliki banyak amal usaha, antara lain rumah sakit, klinik, panti asuhan, masjid, sekolah, mulai dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi. Selain itu juga memiliki aset-aset berupa tanah wakaf," jelas Ketua PDM Kab. Serang.


Semua kepemilikan aset di Tingkat Pusat beratasnamakan Muhammadiyah, bukan atas nama pribadi. Selain itu, Muhammadiyah berperan aktif di bidang sosial, khususnya di penanggulangan bencana dengan mengirim relawan-relawan Muhammadiyah hampir di setiap pos bencana di dalam negeri hingga ke luar negeri yang di komandoi oleh MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) atau lembaga penanggulangan Bencana Muhammadiyah dibantu oleh Lazismu sebagai lembaga yang bergerak mengumpulkan zakat, infaq, dan shodaqoh.



Ketua PDM menyampaikan bahwa pada akhir tahun 2022 ini, tepatnya pada 18--20 November 2022 Muhammadiyah akan melaksanakan Muktamar Muhammadiyah dan 'Aisyiyah di Kota Surakarta, Solo, yang tentunya juga PDM dan PDA Kab. Serang akan mengutus 10 orang peserta Muktamar, 6 orang dari PDM, dan 4 orang dari PDA.


"Kami memohon doa dan dukungan kepada Ibu Bupati agar utusan dari Kab. Serang ini bisa berangkat dan mengikuti Muktamar di Solo dengan lancar dan selamat," harap Ketua PDM.


Setelah keputusan Muktamar terbit, selanjutnya akan diadakan Musywil Banten, Musyda Kab. Serang. Rencananya diadakan bulan Juni/Juli 2023. 


Suasana pertemuan berlangsung santai dan akrab, bahkan Bupati pun ketika datang ke ruangan mendatangi dan menyalami tamu satu per satu. 


Usai Ketua PDM Kab. Serang menyampaikan paparannya, H. Febri selaku moderator mempersilakan Bupati Seranguntuk menanggapi. Namun, Hj. Ratu Tatu Chasanah memberikan kesempatan kepada tamu lain untuk menambahi paparan.


"Barangkali masih ada yang mau menambahkan, silakan," ujar Bupati Serang.


Kali ini giliran Hj. Uus Ustriawati selaku Sekretaris PDA Kab. Serang. Ia sangat bergembira dan antusias dengan pertemuan ini karena sebelumnya PDA 'Aisyiyah Kab. Serang sudah dua kali melayangkan surat permohonan audiensi, tapi baru kali ini bisa terlaksana. Muktamar juga ditunda dari dua tahun lalu karena pandemi. Otomatis periode di bawahnya pun mengikuti diperpanjang hingga 2022 ini. 


"Jika diberi kesempatan, banyak hal yang perlu disampaikan, khususnya masalah peranan perempuan dan kiprah-kiprahnya di masyarakat. Misalnya TK/PAUD Aisyiyah dan program vaksinasi massal. Program bank sampah yang kami juga sudah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti dengan USAID dengan program LINGKAR MADANI," ujar Hj. Uus.


Selanjutnya Bupati Serang menyampaikan tanggapannya bahwa Pemerintah Kabupaten Serang sangat menyambut baik ormas-ormas, terutama ormas keagamaan karena ormas-ormas inilah yang bersinggungan langsung dengan masyarakat lapisan bawah. Ormas-ormas inilah yang bisa membantu program-program kerja Pemerintah Daerah Kab. Serang. 


"Kami juga membutuhkan ide-ide segar terkait keresahan kami yang di mana anak-anak kita sudah terjajah dengan gempuran-gempuran internet dan media sosial yang luar biasa masif. Anak-anak generasi penerus kita harus kuat akidah dan ilmu agamanya, terutama mengaji dan mengkaji Al-Qur'an untuk menjadi pondasi awal yang kokoh khususnya untuk masa depan anak-anak generasi penerus kita nanti," ujar Bupati Hj. Ratu Tatu Chasanah panjang lebar.


Ia juga berharap kerja sama dan saling sinergi antarormas Muhammadiyah dan Pemkab Serang. Tentu saja kerja sama yang sinkron dan berkesinambungan.


Di akhir tanggapannya, Bupati juga menyampaikan terima kasih karena Muhammadiyah melalui Lazismu yang berkolaborasi dengan Baznas RI mengadakan program Kebajikan Zakat di Desa Domas Kecamatan Pontang, yang antara lain memberi bantuan kepada guru ngaji dan honorer, merenovasi musala, sekolah-sekolah, dan membantu kerja PUSTU di Domas, serta membangun klinik kesehatan untuk menolong umat.


"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih," ujarnya.


Di akhir audiensi yang cukup hangat dan akrab itu, Bupati, PDM, serta jajarannya berfoto bersama.





(Redaksi)