Monday, March 20, 2023

Pemajuan Kebudayaan Banten melalui Buku Cerita Dwibahasa

 


NGEWIYAK.com, SERANG -- Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Asep Juanda, membuka secara resmi kegiatan "Penyusunan Storyboard Buku Cerita Dwibahasa" di Hotel Puri Kayana, Kota Serang, Banten (20/3). Asep menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus atas partisipasi 14 ilustrator dan 42 penulis yang hadir pada acara tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempertemukan para ilustrator dan penulis untuk menyusun storyboard buku cerita dwibahasa yang bertema kebudayaan di Provinsi Banten. 


Imtiazul Urfa Ramadhan, selaku narasumber dalam kegiatan tersebut, menyampaikan kepada peserta kegiatan, khususnya ilustrator, agar memerhatikan kesesuaian ilustrasi dengan target pembaca. Dalam kesempatan tersebut, ia juga berbagi informasi terkait kiat-kiat atau hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat ilustrasi agar hasilnya menarik.


Kegiatan ini merupakan tahapan ketiga dari kegiatan Pelaksanaan Penerjemahan tahun 2023. Tahap pertama adalah koordinasi antarinstansi ke delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten yang telah dilaksanakan pada 14 Februari s.d. 10 Maret 2023. Tahap kedua adalah seleksi ilustrator dan penulis yang dilakukan sejak Januari s.d. Maret 2023.



Pada acara tersebut diawali dengan pembukaan dan pembacaan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara para ilustrator, penulis, dan Kantor Bahasa Provinsi Banten. Dilanjutkan dengan penandatanganan PKS dan surat pernyataan keaslian karya dari para penulis cerita. 


Penyusunan storyboard dilakukan selama kurang lebih empat jam dalam suasana diskusi yang hangat antar ilustrator dan penulis. Acara ditutup pada pukul 16.00 WIB.


Menurut Anitawati Bachtiar, selaku panitia, selama tiga pekan ke depan akan dilakukan pemantauan terhadap perkembangan pembuatan storyboard lanjutan melalui rapat virtual antara ilustrator, penulis dan tim Kantor Bahasa Provinsi Banten. 


"Kami berharap 42 buku cerita dwibahasa bertema kebudayaan Banten dapat diluncurkan pada Puncak Bulan Bahasa dan Sastra bulan Oktober 2023 mendatang," pungkas Anitawati pada penutupan acara tersebut.



(Redaksi/Encep)