Sunday, October 22, 2023

Berita | Puncak Perayaan Maulid Masjid Al-Hidayah PDK Bertepatan dengan Hari Santri Nasional


NGEWIYAK.com, KOTA SERANG - Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dalam rangka Maulid Nabi Muhammad Saw. berlangsung begitu meriah di Masjid Al-Hidayah Puri Delta Kiara, Kec. Walantaka, Kota Serang (22/10).


Kegiatan ini merupakan puncak acara dari beberapa rangkaian acara, seperti Pawai Panjang (8 Okt), Lomba untuk Anak-Anak (14 Okt), dan finalnya Tablig Akbar (22 Okt) sekaligus memperingati Hari Santri Nasional.


Ust. Ahmadi, selaku Ketua Panitia, mengatakan bahwa Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Maulid berbeda dengan kegiatan PHBI yang lain. 


"Kalau Isra Mikraj acaranya cuma satu, Tablig Akbar, selesai. Peringatan Muharam, acaranya cuma satu, Pawai Obor, setelah itu selesai. Tetapi Masjid Al-Hidayah Kiara dalam merayakan Maulid Nabi Saw., melakukan tiga rangkaian sekaligus, yaitu Pawai Panjang, Lomba Anak-Anak Saleh, dan Tablig Akbar. Alhamdulillah rangkaian acara demi acara sudah dilakukan. Ada pun kekurangan dalam kegiatan ini, kami selaku panitia memohon maaf bila terjadi kekurangnyamanan," ujar Ust. Ahmadi.



Selain itu, Ust. Ahmadi juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah membantu.


"Kami ucapkan terima kasih kepada panitia, para RT, kasepuhan, dan Tim Rebana Nurul Hidayah," imbuhnya lagi.


Kosasih (Wakil Ketua DKM Masjid Al-Hidayah Puri Delta Kiara) dalam sambutannya mewakili Ketua DKM (Ust. Romi Alkaylani) yang berhalangan hadir, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa cinta kepada Nabi Muhammad Saw. 


"Semoga kelak kita mendapatkan syafaat Beliau," ujarnya kepada hadirin. 


Kosasih sangat berapi-api dalam sambutannya. Ia juga mengeluarkan uang 50 rb dan memberikan kuis kepada jamaah. 


"Dalam sehari, kita wajib berapa kali berselawat kepada Nabi Muhammad Saw.? Yang bisa menjawab pertanyaan saya, saya kasih 50 rb," ujarnya.



Ariansyah dari Tim Rebana maju dan mampu menjawab pertanyaan Pejabat DKM tersebut.


"Jangan lihat nominal uangnya ya. Semoga berkah," ujar Kosasih.


Kegiatan Tablig Akbar pada kegiatan PHBI tahun ini dihadiri qori lokal H. Roni dan qori nasional Ust. Misjaya, serta penceramah utama K.H. Abdul Ghofur Rohim (Ki Apung), Pimpinan Pondok Pesantren Riyadhul Barokah, Cipocok Jaya, Kota Serang.


K.H. Ghofur mengatakan bahwa kegiatan semacam ini jangan hanya sebagai seremonial perayaan tahunan saja, melainkan juga bagaimana jamaah menjadikan momentum ini sebagai bahan introspeksi diri, juga meneladani sifat Nabi Muhammad Saw. Kiai juga menceritakan berbagai hal terkait nabi, sejarah nabi, rumah tangga nabi.


"Nabi Muhammad Saw. adalah insan hebat di dalam rumah maupun di luar rumah. Semoga kita bisa meniru Beliau," ungkap Kiai Cipocok Jaya Kota Serang itu.


Kegiatan Tablig Akbar ini ditutup oleh Ust. Abdul Aziz sebagai moderator.


"Semoga ke depannya semakin meriah," pungkas Pimpinan Majelis Dzikir Manakib Puri Delta Kiara itu.






(Encep/Redaksi)