Monday, April 29, 2024

Berita | Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Unpam Manfaatkan Limbah Plastik


NGEWIYAK.com, JAKARTA PUSAT --Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 Universitas Pamulang (Unpam) sukses gelar kegiatan Gerakan Peduli Limbah Plastik pada Minggu (28/4) di RPTRA Karanganyar, Jakarta Pusat. Selain dalam rangka memenuhi kewajiban tugas MK Projek Kepemimpinan, kegiatan tersebut juga diselenggarakan dalam upaya peran aktif mahasiswa terhadap permasalahan-permasalahan lingkungan, terutama problematika limbah plastik dalam kehidupan mutakhir.


Kegiatan yang bertema "Menumbuhkan Kepedulian Warga Negara terhadap Lingkungan melalui Pemanfaatan Limbah Plastik" tersebut dihadiri sekitar 30 anak-anak usia 13--15 tahunan di sekitaran kawasan RPTRA Karanganyar. Septi Dwi Astuti dalam materinya memaparkan bahwa masalah sampah plastik sudah sangat mengkhawatirkan.Pasalnya limbah plastik lama terurai dan sulit didaur ulang. Maka langkah Reduce, Reuse, Recycle menjadi alternatif pilihan supaya sampah plastik dapat dimanfaatkan salah satunya dengan dibuat menjadi Ecobrik Bangku, Vas Bunga Plastik, Tempat Pensil serta Tas Belanja dari bungkus kopi.


Ray Ammanda, selaku Ketua Pelaksana dalam kegiatan Gerakan Peduli Limbah Plastik juga mengingatkan bahwa sudah semestinya mahasiswa menerjemahkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di antaranya Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian Kepada Masyarakat dalam setiap praktik pembelajaran. 


"Kegiatan ini merupakan salah satu bagian penting dari implementasi Tri Dharma tersebut," ujar Ray.


Kemudian tampak antusiasme anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut dengan membawa banyak sampah plastik untuk diolah. Seorang peserta bernama Variel menyampaikan bahwa di satu sisi sampah memang merepotkan. Tetapi di saat yang sama sampah juga berguna bila dimanfaatkan. 


"Acaranya spektakuler!" terangnya.



Kemudian, Zaskia Dwi juga mengatakan bahwa acaranya sangat seru. 


"Saya jadi tahu dan sekaligus bisa membuat banyak kerajinan dari limbah plastik seperti Ecobrik Bangku, Tas Belanja dari bungkus kopi, Tempat Pensil dan Vas Bunga Plastik. Ditambah kakak-kakaknya juga baik dalam mengajari kita," ujar Zaskia.


Raihan Fahrizi, Kordinator RPTRA Karanganyar, Jakarta Pusat juga menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Pamulang. 


"Acaranya bagus dan sangat bermanfaat untuk warga di sekitar sini. Sampah itu sangat penting untuk dimanfaatkan, sekaligus kita bisa belajar hidup sehat dengan menjaga lingkungan," ujar Raihan.


Pukul 13.00 acara pun ditutup dengan sesi foto bersama.


(Red/Ray Ammanda)